Media komputer
MEDIA KOMPUTER
Di Susun
Oleh :
Kelompok 6
Nama : Farah Meldia (1502090024)
Insanil Qadri (1502090022)
Rahmawati (1502090023 )
Riskia Putri (1502090023)
Prodi: PGSD
MK: Sumber dan Media Pembelajaran
Dospen: Hambali, M.Pd
FAKULTAS KEGURUAN DAM ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ALMUSLIM
MATANGGLUMPANGDUA
2017
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin Penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini disusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri kami sebagai penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah SWT akhirnya Makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “Media Komputer”. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Dosen Pembimbing yang telah membimbing kami agar dapat menyelesaikan makalah ini.
Semoga Makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki banyak kekurangan. Kami mohon untuk saran dan kritiknya.
Matangglumpangdua, September 2017
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN 1
Latar Belakang 1
Rumusan Masalah 1
Tujuan 2
BAB II PEMBAHASAN 3
Pengertian Media Komputer 3
Karakteristik Media Komputer 4
Fungsi dan Kegunaan Media Komputer 4
Aplikasi Komputer Dalam Kegiatan Pembelajaran 5
BAB III PENUTUP 9
Kesimpulan 9
Saran 9
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang sangat pesat sangat berpengaruh dalamdunia pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi ini mengakibatkan berkembangnya ilmu pengetahuan yang memiliki dampak positif maupun negatif. Perkembangan teknologi ini dimulai dari negara maju, sehingga Indonesia sebagai negara berkembang perlu mensejajarkan diri dengannegara-negara yang sudah maju tersebut. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yangdapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.
Guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien meskipun sederhana dan bersahaja tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan. Disamping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan ketrampilan membuat media pengajaran yang akan digunakannya apabila media tersebut belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahamaan yang cukup tentang media pengajaran. Dari beberapa model pembelajaran, ada model pembelajaran yang menarik dan dapat memicu peningkatan penalaran siswa yaitu model pembelajaran berbasis computer. Pada dasarnya, pembelajaran berbasis komputer adalah suatu sistem pengajaran yang cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik dengan konteks teknologi.
Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
Apa yang dimaksud dengan media komputer ?
Apa saja karakteristik media komputer ?
Apa saja fungsi dan kegunaan media komputer ?
Bagaimana mengaplikasikan media komputer dalam kegiatan pembelajaran ?
Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk :
Mengetahui pengertian dari media komputer
Mengetahui karakteriskik media Komputer
Menjelaskan fungsi dan kegunaan media Komputer
Mendeskripsikan aplikasi media Komputer
BAB II
PENDAHULUAN
Pengertian Media Komputer
Media Komputer merupakan mesin yang di rancang khusus untuk memanipulasi informasi yang secara otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana. Satu unit computer terdiri atas empat komponen dasar yaitu keyboard , Cpu pemroses data yang di input , penyimpanan data yang di simpan . pemanfaatan computer untuk pendidikan yang di kenal dengan pembelajaran computer yang di gunakan untuk mengadministrasikan tes dan pengelolaan administrasi sekolah, penyajiaan informasi isi materi pelajaran, latihan atau kedua-duanya , dan computer dapat menyajikan informasi dan tahapan pembelajaran lainnya di sampaikan dengan media computer
Berikut ini di kemukakan beberapa kekuatan dan keterbatasan computer yang di gunakan untuk tujuan pendidikan .
a. Keuntungan
Komputer dapat mengakomodasi siswa yang lambat menerima pembelajaran dan dapat memberikan iklim yang lebih bersifat afektif dengan cara yang lebih individual.
Komputer dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan, melakukan kegiatan laboratorium atau simulasi dalam animasi grafik dan warna .
Dapat berhubungan dengan video dalam program computer.
b. Keterbatasan
Menggunakan computer di perlukan pengetahuan dan keterampilan khusus tentang computer.
Beragaman model Komputer (perangkat keras)
Komputer hanya efektif bila di gunakan satu orang atau beberapa orang dalam kelompok dan mampu nmemproyeksi layar secara lebih besar.
Karakteristik Media Komputer
Komputer merupakan jenis media yang secara teknis dapat menyediakan respons yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa. Lebih dari itu, komputer memiliki kemampuan menyimpaan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan serta menayangkan beragam bentuk media di dalamnya.Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputasi dan pengolahan kata (word processor), tetapi juga sebagai saranabelajar multimedia yang memungkinkan mahasiswa membuat desain dan rekayasa suatu konsep dan ilmu pengetahuan.Multimedia berbasis komputer dapat pula dimanfaatkan sebagai saranadalam melakukan simulasi untuk melatih keterampilan dan kompetensi tertentu.
Perkembangan teknologi komputer saat ini telah membentuk suatu jaringan (network) yang dapat memberi kemungkinan bagi pera:
Karakteristik media hasil teknologi yang berdasarkan komputer:
Mengumpulkan data mengenai siswa
Dapat digunakan sesuai keinginan siswa atau perancang.
Gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan simbol dan grafik.
Berorientasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi
Membuat catatan perkembangan pembelajaran (kelompok atau perorangan)
Fungsi dan Kegunaan Media Komputer
Adapun fungsi media komputer dalam pembelajaran diantaranya sebagai alat untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru. Serta untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola bermedia). Penggunaan Multimedia presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materiyang sifatnya teoritis, digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak. Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia proyektor yang memiliki jangkauan pancar cukup besar.
Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik, dan sound menjadi satu kesatuan penyajian sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa multimedia interaktif dapat digunakan pada pembelajaran disekolah, sebab cukup efektif karena meningkatkan hasil belajar siswa terutama komputer. Selain itu, juga bersifat multimedia yang mempunyai unsur-unsur lengkap meliputi sound, animasi, video, teks, dan grafis.c. Video Pembelajaran Selain CD interaktif, video termasuk media yang dapat digunakan untuk pembelajaran di SD. Video ini bersifat interaktif-tutorial yakni membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Siswa juga secara interaktif mengikuti kegiatan praktik sesuai yangdiajarkan dalam video. Penggunaan CD interaktif di SD cocok untuk mengajarkan suatu proses. Misalnya cara penyerbukan pada tumbuhan, teknik okulasi, pembelahan sel, proses respirasi, dan lain-lain.
Aplikasi Komputer Dalam Kegiatan Pembelajaran
Di dalam setiap pembelajaran umumnya digunakan media pembelajaran atau sarana teknologi pembelajaran. Hal ini berdasarkan pandangan behaviourisme yaitu bahwa proses pembelajaran terjadi sebagai hasil pengajaran yang disampaikan oleh guru melalui atau dengan bantuan media. Namun dalam pandangan konstruktivisme, media digunakan sebagai sesuatu yang memberikan kemungkinan siswa secara aktif mengkontruksi pengetahuan. Dalam kerangka berpikir konstruktivisme tersebut, belajar dipandang sebagai suatu aktifitas siswa mengelola sumber-sumber kognitif untuk menciptakan pengetahuan baru dengan mengekstrak informasi dari lingkungannya dan mengintegrasikannya dengan informasi yang telah menjadi pengetahuan yang tersimpan dibenaknya. (Krismanto, 2003:4).
Para peneliti telah menemukan bahwa ada berbagai cara siswa mudah memproses informasi. Sebagian mudah memproses informasi visual, sebagian lain lebih merasa senang atau lebih mudah bila ada suara, dan sebagian lain akan mudah memahami jika menggunakan informasi tertulis.
Komputer adalah salah satu media yang dapat mentranformasi berbagai simbol dalam informasi dari bentuk yang satu ke bentuk lainnya. Siswa dapat mengetik teks, dan komputer yang canggih dapat mentranformasikannya ke dalam bentuk lain, misalnya gambar bahkan suara. Komputer dapat mentransformasikan angka-angka ke dalam bentuk grafik atau kurva.
Komputer sebagai sarana interaktif merupakan salah satu bentuk pembelajaran terprogram yang dilandasi oleh Hukum Akibat. Dalam Hukum Akibat asumsi utama yang diyakini ialah tingkah laku yang diikuti oleh rasa senang besar kemungkinannya untuk dilakukan atau diulang dibandingkan tingkah laku yang tidak disenangi. (Krismanto, 2003:6).
Berdasarkan Hukum Akibat ini muncullah Teori S-R (yang meliputi stimulus, respons and reinforcement). Pembelajaran dengan teori ini dilakukan dengan cara siswa diberi pertanyaan sebagai stimulus, kemudian ia memberikan jawaban (respons) dari pertanyaan yang diberikan. Selanjutnya oleh komputer respons siswa ditanggapi dan jika jawabannya benar komputer memberikan penguatan (reinforcement). Jika salah komputer memberikan pertanyaan lain yang memuat dorongan untuk memperbaiki jawaban siswa. (Krismanto, 2003:6).
Balikan yang berupa penguatan merupakan salah satu bentuk motivasi bagi siswa. Tanpa balikan siswa tidak tahu kebenaran dari jawaban mereka, tidak tahu seberapa jauh keberhasilan mereka.
Komputer merupakan alat yang bisa dimanfaatkan sebagai media utama dalam pembelajaran karena berbagai macam kemampuan yang dimilikinya, diantaranya memiliki respon yang cepat secara virtual (tampilan) terhadap masukan yang diberikan siswa (user), mempunyai kapasitas untuk menyimpan dan memanipulasi informasi, serta dapat digunakan secara luas sebagai alat dalam kegiatan pembelajaran. Di samping itu, komputer memiliki kemampuan yang lain yaitu dapat mengendalikan dan mengatur berbagai macam media dan bahan pembelajaran seperti film, video, slide, dan informasi yang dapat dicetak.
Roestiyah (2001) menjelaskan bahwa secara teori, komputer mempunyai kekuatan keahlian yang lebih daripada seorang guru, karena komputer dapat:
Menyimpan beberapa informasi
Memilih informasi tersebut dengan kecepatan yang tinggi
Menyajikan pada siswa dengan tanda diagram yang menantang
Memberi jawaban tipe kebutuhan siswa
Memberi umpan balik kepada siswa secara individual secepatnya
Memberikan informasi yang berbedaan dengan siswa yang berbeda pula.
Keistimewaan pemakaian komputer dalam proses pembelajaran (Muhamad Ikhsan, 2006) :
Komputer bisa mengajar secara individual (individualisasi dalam proses pembelajaran) kecepatan bisa sesuaikan dengan kemampuan siswa, metode/strategi belajar yang lebih tepat, penyesuaian isi materi dan tingkat kesukaran.
Bisa digunakan kapan saja (tidak terbatas waktu) dan bisa digunakan dimana saja (tidak terbatas ruang).
Hilangkan rasa malu takut.
Komputer dapat diprogram untuk dimanfaatkan dalam potensi mengajar dengan tiga cara, yaitu:
1. Tutorial
Dalam hal ini program menuntut komputer untuk berbuat sebagai seorang tutor yang memimpin siswa melalui urutan materi yang mereka harapkan menjadi pokok pengertian. Komputer dapat menemukan lingkup kesulitan tiap siswa, kemudian menjelaskan pendapat-pendapat yang ditemukan siswa, menggunakan contoh dan latihan yang tepat dan mentes siswa pada tiap langkah untuk mencek bagaimana siswa telah mengerti dengan baik.
2. Simulasi
Bentuk kedua pengajaran dengan komputer ialah untuk simulasi pada suatu keadaan khusus, atau sistem di mana siswa dapat berinteraksi. Siswa dapat menyebut informasi, sehingga dapat sampai pada jawabannya, karena mereka berpikir sehat, mencobakan interpretasinya dari prinsip-prinsip yang telah ditentukan. Komputer akan menceritakan pada siswa apakah dampak dari keputusannya, terutama tentang reaksi dari kritikan atau pendapatnya.
3. Pengolahan Data
Rowntree (Roestiyah, 2001) menuliskan bahwa dalam hal ini komputer digunakan sebagai suatu penelitian sejumlah data yang luas atau memanipulasi data dengan kecepatan yang tinggi. Siswa dapat meminta kepada komputer untuk meneliti figur-figur tertentu, atau menghasilkan grafik dan gambar yang sulit/kompleks.
Penggunaan Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran:
1. Untuk Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan.
2. Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya.
3. Untuk Tujuan Afektif
Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan klip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Komputer merupakan satu perangkat pengolah data yang dapat didesain dan dikembangkan untuk membantu manusia menjalankan aktivitasnya
Sebagai alternatif sumber belajar, komputer digunakan untuk mentransfer materi-materi kepada peserta didik atau dalam konteks pembelajaran disebut dengan Media Pembelajaran Berbasis Komputer.
Media pembelajaran adalah semua bentuk perantara yang digunakan dalam pembelajaran yang berupa informasi, pendapat atau gagasan yang dapat memberi rangsangan kepada peserta didik sehingga terjadi interaksi antara pemberi pesan dan penerima pesan.
Komputer adalah seperangkat elektronik yang dapat menerima masukan(input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi secara cepat melalui suatu program atau aplikasi tertentu.
Bentuk-bentuk penggunaan komputer sebagai media pembelajaran: Penggunaan Multimedia Presentasi, CD Multimedia Interaktif, dan Video Pembelajaran
Saran
Penggunaan pembelajaran berbasis komputer ini sebaiknya dilakukan dengan bimbingan dari pendidik juga. Agar peserta didik mampu memahami setiap pembelajaran yang diberikan. Media interaktif adalah salah satu media yang dapat membantu pemahaman peserta didik. Lewat media interaktif, peserta didik dapat belajar mandiri dan menyenangkan, karena pembelajaran dikemas secara menarik. Oleh karena itu, untuk membantu pemahaman peserta didik, guru dapat menggunakan pembelajaran berbasis komputer pada peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad Azhar . 2007 Media Pembelajaran .Jakarta : PT Raja Gravindo Persada,
Al. Krismanto. 2003. Beberapa Teknik, Model dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.
Roestiyah NK., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2001
Ikhsan, Muhammad. 2007. Media Pendidikan.
http:\\muhammadikhsan.multiply.com/journal.31 Desember 2007.
Komentar
Posting Komentar