MAKALAH FUNGSI DAN KEGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
FUNGSI DAN KEGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
Disusun Untuk Memenuhi Mata Kuliah Sumber Dan Media Pembelajaran
Dosen Pengasuh: Dr.Hambali,M.pd.
Disusun Oleh :
Rahmi . Z (1502090007)
Selvia
Gustina (1502090005)
Yurdian
(1502090006)
Yanis
Akbar (1502090008)
JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH
DASAR
UNIVERSITAS ALMUSLIM BIREUEN
2017-2018
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
wr.wb
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat
Allah Azza Wajalla.karena berkat dan karunianya kami selaku penulis dapat
menyelesaikan makalah ini dengan baik dan tepat waktu, penulis ucapkan terima
kasih kepada orang tua yang telah memberikan dukungan waktu dan material.tidak
lupa juga penulis ucapkan terima kasih kepada teman – teman yang telah memberi
masukan dan saran atas pembuatan makalah ini.
Adapun
isi makalah yang di bahas adalah Media Pembelajaran,Dosen
PengampuhDr. Hambali M.pd. Tujuan daripada penulis membahas tentang Media
Pembelajaran,kerena melihat betapa pentingnya Media Pembelajaran untuk
diketahui para siswa dan para pendidik.
Penulis
menyadari bahwa makalah ini belum sempurna.masih banyak kesalahan yang
terjadi pada penyusunan serta penulisan makalah ini.maka dari itu kritik dan
saran yang membangun sangat dibutuhkan penulis dari pembaca demi kesempurnaan
makalah ini. Terima kasih atas perhatiannya semoga bermanfaat bagi penulis dan
pembacanya.
BUNGKAIH,
30 september 2017
Penulis,
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
B.
Rumusan
Masalah
C.
Tujuan
BAB 2 PEMBAHASAN
A.
Fungsi
Media Pembelajaran
B.
Kegunaan
Media Pembelajaran
BAB 3 PENUTUP
Kesimpulan
Daftar
Pustaka
BAB
1
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Media
pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan
penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemanfaatan media seharusnya merupakan
bagian yang harus mendapat perhatian guru/fasilitator dalam setiap kegiatan
pembelajaran. Oleh karena itu guru perlu mempelajari bagaimana menetapkan media
pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam
proses belajar mengajar.
Pada
kenyataannya media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alas
an, antaranya terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar,sulit mencari
media yang tepat,tidak tersedianya biaya,dan lain-lain. Hal ini sebenarnya
tidak perlu terjadi jika setiap guru telah mempunyai pengetahuan dan
keterampilan mengenangi media pembelajaran.
B. Rumusan Masalah
Untuk mengetahui fungsi dan kegunaan media
pembelajaran
C.
Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah
untuk memenuhi salah satu tugas sumber dan media pembelajaran serta menambah
pengetahuan dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua.
BAB II
PEMBAHASAN
Fungsi Dan Kegunaan Media Pembelajaran
Kata media
merupakan bentuk jamak dari kata medium. Medium dapat didefinisikan sebagai
perantara atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju penerima
(Heinich et.al., 2002; Ibrahim, 1997; Ibrahim et.al., 2001). Media merupakan
salah satu komponen komunikasi, yaitu sebagai pembawa pesan dari komunikator
menuju komunikan (Criticos, 1996).
Berdasarkan
definisi tersebut, dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran merupakan proses komunikasi.
Proses pembelajaran mengandung lima komponen komunikasi, guru (komunikator),
bahan pembelajaran, media pembelajaran, siswa (komunikan), dan tujuan
pembelajaran. Jadi, Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat
merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar
untuk mencapai tujuan belajar.
A.Fungsi Media Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran, media
memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima
(siswa). Sedangkan metode adalah prosedur untuk membantu siswa dalam menerima
dan mengolah
informasi guna mencapai tujuan pembelajaran. Menurut Hamalik yang di kutip
Azhar Arsyad (2002: 15) mengemukakan bahwa “Pemakaian media pembelajaran dalam
proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru,
membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa
pengaruh-pengaruh psokologis terhadap siswa".
Media pembelajaran, menurut Kemp
dan Dayton dalam bukunya Azhar Arsyad(2002: 9) menyatakan bahwa “ Media
pembelajaran dapat memenuhi tiga
fungsi utama apabila media itu digunakan untuk perorangan, kelompok, atau
kelompok pendengar yang besar jumlahnya, yaitu:
Memotivasi minat atau tindakan
Menyampikan informasi
Memberi instruksi.
Sumber
yang lain menyebutkan bahwa, fungsi media pembelajaran antara lain:
1. Menyampaikan informasi dalam proses belajar mengajar.
2. Melengkapi dan memperkaya informasi dalam kegiatan belajar mengajar.
3. Mendorong motivasi belajar.
4. Menambah variasi dalam penyajian materi.
5. Menambah pengertian nyata tentang suatu pengetahuan.
6. Memungkinkan siswa memilih kegiatan belajar sesuai dengan
kemampuan, bakat dan minatnya.
7. Mudah dicerna dan tahan lama dalam menyerap pesan-pesan
(informasinya sangat membekas dan tidak mudah lupa) (Rohani, 1997: 9).
A.
Kegunaan Media Pembelajaran
Secara umum manfaat media
pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga
kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien. Secara lebih rinci, media
pembelajaran mempunyai kegunaan sebagai berikut:
1. Memperjelas
penyajian suatu pesan agar tidak terlalu bersifat Verbalistis.
2. Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu dan daya indera seperti:
Ø Obyek
yang terlalu besar, dapat digantikan dengan realita, gambar, film bingkai,
film, gambar video, atau model.
Ø Obyek
yang kecil dibantu dengan proyektor mikro, film slide,gambar video atau gambar.
Ø Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat
dapat dibantudengan timelapse, highspeed photografi atau slow motionplayback
video
Ø Kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa
lalu dapatditampilkan lagi melalui rekaman film, video, atau foto.
Ø Obyek
yang terlalu kompleks dapat disajikan dengan model,diagram, dll.
Ø Konsep
yang terlalu luas dapat divisualkan dalam bentuk film,slide, gambar atau video.
3. Dengan
menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi
sikap pasif siswa. Dalam hal ini mediapembelajaran berguna untuk:
Ø Menimbulkan
gairah belajar.
Ø Memungkinkan interaksi langsung antara siswa
dengan lingkungan dan kenyataan.
Ø Memungkinkan
siswa belajar sendiri menurut minat dankemampuannya.
4. Dengan sifat yang unik pada siswa juga dengan
lingkungan dan pengalaman yang berbeda-beda, sedangkan kurikulum dan materi pembelajaran yang sama untuk setiap siswa, masalah ini dapat
diatasi dengan media pembelajaran dalam kemampuannya:
Ø Memberikan
perangsang yang sama.
Ø Menyamakan
pengalaman.
Ø Menimbulkan
persepsi yang sama.
5. Efisiensi
dalam waktu dan tenaga
Dengan media tujuan belajar akan lebih mudah tercapai secara
maksimal dengan waktu dan tenaga seminimal mungkin. Guru tidak harus
menjelaskan materi ajaran secara berulang-ulang, sebab dengan sekali sajian
menggunakan media, siswa akan lebih mudah memahami pelajaran.
6. Media
memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja
Media pembelajaran dapat dirangsang sedemikian rupa sehingga
siswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih leluasa dimanapun dan
kapanpun tanpa tergantung seorang guru.Perlu kita sadari waktu belajar di
sekolah sangat terbatas dan waktu terbanyak justru di luar lingkungan sekolah.
Media memungkinkan proses
belajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja Guru dapat berbagi peran dengan
media sehingga banyak mamiliki waktu untuk memberi perhatian pada aspek-aspek
edukatif lainnya, seperti membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan
kepribadian, memotivasi belajar, dan lain-lain
Sudjana dan Rivai dalam bukunya
Azhar Arsyad (2002: 24) mengemukakan manfaat media pembelajaran dalam proses
belajar siswa, yaitu:
a. Pembelajaran
akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
b. Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya
sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan
mencapai tujuan pembelajaran
c. Metode
mengajar akan bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan
kata-kata oleh guru, sehingga tidak bosan da guru tidak kehabisan tenaga,
apalagi kalau guru mengajar pada setiap pelajaran
d. Siswa
dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab hanya mendengarkan uaraian
guru, tetapi juga aktivitas lain sperti mengamati, melakukan,
mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain.
Menurut Encyclopedia of Educatioanal Reseach dalam Hamalik yang dikutip Azhar Arsyad (2002: 25) merincikan
manfaat media pendidikan sebagai berikut
Ø Meletakkan
dasar-dasar yang konkret untuk berfikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme.
Ø Memperbesar
perhatian siswa
Ø Meletakkan
dasar-dasar yang penting untuk perkembanganbelajar, oleh karena itu membuat
pelajaran lebih mantap.
Ø Memberikan
pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri dikalangan
siswa.
Ø Menumbuhkan
pemikiran yang teratur dan kontinyu, terutama melalui gambar hidup.
Ø Membantu
tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa
Ø Memberikan
pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain, dan membantu efisiensi
dan keragaman yang banyak dalam belajar.
Selain
itu, kontribusi media pembelajaran adalah:
Ø Penyampaian
pesan pembelajaran dapat lebih terstandar.
Ø Pembelajaran
dapat lebih menarik.
Ø Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan
menerapkan teori belajar.
Ø Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat
diperpendek.
Ø Kualitas
pembelajaran dapat ditingkatkan.
Ø Proses
pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan.
Ø Sikap
positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran
dapat ditingkatkan
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
DAN SARAN
1.
Kesimpulan
Dalam suatu proses belajar mengajar, ada
unsur yang amat penting yaitu media pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran
tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih
ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media.
Media mempunyai manfaat dan fungsi sebagai
sarana bagi guru untuk dapat menyampaikan materi pelajaran menjadi lebih menarik,
tidak hanya monoton, siswa tidak hanya diajak untuk berhayal dan membayangkan
saja tetapi siswa dapat melihat kenyataan walaupun hanya melalui gambar ataupun
video.
2.
Saran
Sebaiknya bagi seorang guru dapat menggunakan
media pembelajaran sehingga siswa lebih antusias dalam mengikuti pelajaran yang
disampaikan dan motivasi belajar menjadi lebih meningkat.
DAFTAR
PSUTAKA
Komentar
Posting Komentar